PPDB SMA/SMK Tahun AJaran 2018/2019 Dimulai 4 Juni

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019 akan dimulai. Jadwal pendaftaran PPDB untuk Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), Penghargaan Maslahat Guru (PMG) dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)/ Disabilitas, Warga Penduduk Setempat (WPS), dan Prestasi dilaksanakan 4 hingga 8 Juni 2018. Sedangkan untuk pendaftaran jalur Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) dilaksanakan pada 5 hingga  10 Juli 2018. 

PPDB sendiri merupakan layanan pendidikan yang bertujuan memenuhi hak-hak dasar warga negara untuk memperoleh  pendidikan yang bermutu dan berkeadilan dengan menerapkan asas objektif, akuntabel, transparan , dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses  layanan pendidikan di Jawa Barat.

Menurut rilis yang diterima "PR" pada Selasa 22 Mei 2018, pendaftaran penerimaan peserta didik baru dapat dilakukan secara individu oleh orang tua calon peserta didik atau kolektif oleh satuan pendidikan asal. Pendaftaran secara kolektif dilakukan secara langsung ke satuan pendidikan yang dituju atau dapat dilakukan ke cabang dinas pendidikan sesuai wilayah dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan.

Secara teknis, dasar utama proses seleksi PPDB menggunakan pertimbangan radius domisili calon peserta didik ke sekolah tujuan. Radius merupakan jarak antara dua titik koordinat domisili dan lokasi satuan pendidikan yang dituju. Radius diukur oleh panitia PPDB bagian input data di satuan pendidikan cengan menggunakan sistem IT-aplikasi PPDB.

Akan tetapi, khusus untuk proses seleksi pada SMK jalur prestasi dan jalur NHUN tidak menggunakan pertimbangan radius domisili calon peserta didik. Proses seleksi PPDB dilaksanakan secara otomatis dengan menggunakan sistem IT-Aplikasi PPDB yang berlangsung secara daring (online). Peserta dapat memantau proses seleksi tersebut pada alamat website ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Sedangkan untuk seleksi SLB dilakukan secara offline.

Pengumuman
Pengumuman hasil seleksi PPDB akan diinformasikan melalui media online pada situs web PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dengan alamat situs web ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Hasil seleksi PPDB merupakan daftar urutan calon peserta didik yang terdapat pada laman resmi aplikasi PPDB online yang sesuai dengan kouta atau daya tampung.

Selain itu, untuk perkembangan tahap seleksi jalur NHUN dapat dilihat pada alamat website setiap dua hari setelah operator satuan pendidikan atau cabang dinas pendidikan wilayah melakukan input dan unggah (upload\ data calon peserta didik).

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © SMA Al-Azhar Kota Banjar. Designed by OddThemes & Best Wordpress Themes 2018